Tutorial Membuat Web Apps (E-Commerce) dengan Microsoft Azure dan GitHub - PART 2

Hi Fellas! Ini adalah kelanjutan dari Tutorial Membuat Web Apps (E-Commerce) dengan Microsoft Azure dan GitHub - PART 1. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana Proses membuat database Web Apps (E-Commerce). E-Commerce ini saya beri nama E-Meubel agar mudah diingat.

Database E-MEUBEL menggunakan MySql dan web service nya menggunakan Apache yang di atur dalam XAMPP. Nah, untuk lebih memahami bagaimana prosesnya silahkan simak tutorial berikut :
1. Buka aplikasi XAMPP dan nyalakan web service Apache dan MySql pada XAMPP.


2. Sekarang kita akan membuat database untuk project kita.
3. Pada browser ketikkan localhost/phpmyadmin pada kolom search lalu tekan enter. Akan muncul tampilan localhost


4. Setelah itu pada pojok kiri atas terdapat tulisan “New”. Klik “New” tersebut untuk membuat database baru.
5. Ketikkan nama database nya e-mebel lalu klik create


6. Untuk kebutuhan dalam project ini, kita membutuhkan 5 tabel yaitu : user, transaksi, suplier, produk dan komentar.

7. Untuk membuat table cukup isi pada Create table dengan nama tabel dan jumlah kolom yang dibutuhkan lalu klik Go.

8. Akan tampil field yang dapat kita isi seperti berikut

9. Pada tabel user kita memerlukan 7 kolom yang akan kita isi yaitu username, password, email, nama_lengkap, alamat, avatar dan level. Untuk tipe data, null dan primary key dapat dilihat pada structure berikut yang dapat dilihat setelah save table :


Tabel user berfungsi menyimpan data-data pengguna sistem E-Meubel.
10. Selanjutnya kita lakukan hal yang sama pada 4 sisa tabel berikutnya dengan cara yang sama. Perbedaannya adalah nama kolom, tipe data, null dan primary key nya saja, tetapi basic pembuatan adalah sama seperti contoh di atas.

11. Berikutnya kita buat tabel transaksi dengan structure seperti berikut :


Pada kolom id_transaksi kita menggunakan Extra AUTO_INCREMENT agar setiap transaksi mempunyai id yang berbeda. Nantinya setiap transaksi akan mempunyai id yang otomatis nilainya bertambah 1. Hal ini penting mengingat id_transaksi merupakan primary key yang merupakan kunci sehingga sangat dihindarkan dalam terjadinya nilai id yang ganda yang akan berpengaruh pada proses query kedepannya. Tabel transaksi akan menyimpan segala kebutuhan transaksi produk dalam sistem E-Meubel.
12. Selanjutnya kita buat tabel suplier dengan structure sebagai berikut :



Tabel Suplier berfungsi menyimpan data suplier yang tergabung dalam sistem E-Meubel. Mereka lah yang menjual produk nya kepada konsumen melalui E-Meubel.
13. Kemudian kita buat tabel produk dengan structure sebagai berikut :



Tabel produk berfungsi untuk menyimpan data-data yang terkait dengan produk yang dijual pada sistem E-Meubel.
14. Yang terakhir adalah kita buat tabel komentar dengan structure sebagai berikut :


Tabel komentar berfungsi untuk menyimpan data komentar user terhadap suatu produk yang ada di E-Meubel.
15. Nah itu adalah tutorial membuat database untuk project E-MEUBEL. Database ini nantinya yang akan dihubungkan dengan code program agar dapat digunakan sebagai media penyimpanan data sistem.
16. Teman-teman yang ingin mendapatkan file .sql nya dapat langsung download di sini : https://www.dropbox.com/s/wbxlckfm10jodue/e-mebel.sql?dl=0

Sekian tutorial membuat database project E-MEUBEL pada kesempatan kali ini. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar pada kolom komentar di bawah ini. Terimakasih sudah mampir, Stay Tuned and Keep Coding! ;)

Unknown

Mahasiswa absurd dengan segala mimpi-mimpi besarnya. Pemimpi kecil yang berangan tuk merubah nasibnya. Manusia kepo dengan segala keingintahuannya :)

1 komentar:

  1. I really appreciate information shared above. It’s of great help. If someone want to learn Online (Virtual) instructor lead live training in Microsoft Azure Fundamental, kindly contact us http://www.maxmunus.com/contact
    MaxMunus Offer World Class Virtual Instructor led training on TECHNOLOGY. We have industry expert trainer. We provide Training Material and Software Support. MaxMunus has successfully conducted 100000+ trainings in India, USA, UK, Australlia, Switzerland, Qatar, Saudi Arabia, Bangladesh, Bahrain and UAE etc.
    For Demo Contact us.
    Sangita Mohanty
    MaxMunus
    E-mail: sangita@maxmunus.com
    Skype id: training_maxmunus
    Ph:(0) 9738075708 / 080 - 41103383
    http://www.maxmunus.com/

    BalasHapus