Apa Itu Microsoft Azure?



Hai Fellas, ini merupakan bahasan Microsoft pertama kita. Nah hal pertama yang ingin saya sharing adalah mengenai apa dan bagaimana Microsoft Azure itu? Karena mungkin sebagian orang hanya mengetahui Microsoft seputar Microsoft Office saja seperti Microsoft Word, Excel, Power Point dll. Akan tetapi diluar itu semua Microsoft menyimpan banyak hal menarik yang dapat kita gali lebih jauh, karena sejatinya Microsoft bergerak di banyak hal tidak hanya pada 1 bidang saja. Bidang yang cukup diandalkan oleh Microsoft saat ini adalah dalam hal Cloud Computing. Seperti trend yang sedang booming di masyarakat saat ini tentang semakin banyaknya stakeholders yang beralih menggunakan Cloud Computing karena kemudahan, keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan. Untuk itulah Microsoft hadir dengan Microsoft Azure.

Kali ini saya ingin menjelaskan apa itu Microsoft Azure dan apa keuntungannya jika kita menggunakan Microsoft Azure.

Microsoft Azure atau Microsoft Azure adalah sistem operasi Microsoft untuk cloud yang memungkinkan aplikasi kita diperbesar dan diperkecil tergantung tuntutan bisnis. Dengan Microsoft Azure kita dapat membebaskan pengembang mengasah kreativitas pada platform yang sesuai dengan bahasa mereka seperti .Net, PHP, Java atau Ruby dimanapun dan kapanpun. Ditambah dengan model bisnis ‘bayar-sesuai-penggunaan’, kita tidak akan membuang-buang uang untuk layanan yang kita butuhkan namun tidak terpakai. Ini adalah keuntungan bagi kedua belah pihak. Seperti itulah kekuatan cloud.

Keuntungan dalam menggunakan Microsoft Azure adalah :

1. Platform Kuat dan Praktis
Pengembang kita tidak perlu belajar tools atau platform baru untuk memanfaatkan keunggulan dari kekuatan cloud. Dengan Microsoft Azure, kita dapat memindahkan aplikasi kita ke cloud dengan mudah, dan pengembang dapat membuat aplikasi dan service baru menggunakan teknologi yang sudah mereka ketahui dan percaya.

2. Fleksibiltas
Kita dapat mengerjakan banyak hal dalam waktu yang bersamaan, karena itulah Microsoft Azure memberi kita kesempatan untuk memanfatkan bermacam tools pengembang aplikasi, manajemen layanan otomatis dan pusat data global untuk lebih cepat merespon terhadap kebutuhan konsumen. Saatnya fokus pada sesuatu yang berbeda yang membuat kita semakin kompetitif meraih pasar baru.

3. Kebebasan Memilih
Kebebasan untuk Departemen TI kita yang bergerak dalam bidang pengambil keputusan. Microsoft Azure membuat mereka dapat mengatur, mengimplementasi dan menyimpan data, sementara kita dapat fokus pada tantangan bisnis dan kebutuhan konsumen.

4. Penyederhanaan Pendekatan
Pengembang kita telah menguasai banyak bahasa, sehingga tak perlu lagi mempelajari bahasa baru. Dengan Microsoft Azure, mereka dapat menciptakan dan mengatur aplikasi dan service menggunakan bahasa yang sudah mereka kuasai seperti .Net, java, PHP dan Ruby.

5. Solusi yang Diandalkan
Kita adalah pihak yang dapat diandalkan. Begitu pula cloud computing dari Microsoft. Dengan kinerja 99,9%+ dan dukungan 24jam setiap hari, kita tak akan pernah kehabisan kekuatan cloud.

Selain kelima hal inti di atas, Microsoft Azure juga mempunyai banyak fitur menarik yang dapat digunakan oleh developer seperti :
1. Menyebarkan web dan mobile apps yang sangat terukur dan lebih aman
2. Mengaktifkan aplikasi skala tinggi dengan menggabungkan traffic Azure Manajer dan beberapa Lingkungan App Service untuk PowerApps penyebaran dalam satu wilayah.

3. Menerapkan kecanggihan yang diterapkan tentang penyebaran WordPress pada platform cloud Azure.

4. Membuat Mobile Corporation Application kita dengan Layanan App

5. Menggunakan kemampuan built-in di App Service untuk membangun dan melakukan host NET web API di cloud dan menghubungkannya ke aplikasi seluler kita.

6. Mengintegrasikan pekerjaan aplikasi kita dengan data offline, sinkronisasi dengan backend, dan menyelesaikan konflik.

7. Mengelola perubahan kode untuk Web Apps

8. Mengelola perubahan kode dengan fitur DevOps dari App Service dan Visual Studio.

9. Mudah untuk menjalankan script atau program sebagai proses back-end di App Service Web Apps.

10. Remote Debugging untuk membuat, menerbitkan, dan debug Azure-host situs web dari satu lingkungan pengembangan seolah-olah seluruh cloud duduk di bawah meja Anda.

11. Mencapai aplikasi skala tinggi dengan menggunakan kombinasi Azure Manajer Traffic dan beberapa penyebaran Lingkungan App Serice dalam wilayah Azure.

12. Dengan App Service, kita mendapatkan satu set kemampuan terpadu untuk membangun aplikasi web yang lebih kuat dan aplikasi mobile. Untuk membuatnya lebih mudah untuk dikembangkan di beberapa platform, kita dapat membangun koneksi yang lebih aman untuk perusahaan kita dan software-as-a-service (SaaS) sistem dengan aplikasi API, infrastruktur TI skala untuk smart cloud, serta mengotomatisasi proses bisnis dengan Logic Apps.

13. Fitur terpadu seperti Backup dan Restore memungkinkan kita dengan mudah mengelola versi aplikasi kita. Selain itu, fitur lingkungan pementasan memungkinkan kita menjalankan aplikasi web kita di antara dua slot penyebaran, memungkinkan validasi update di pementasan sebelum beralih ke produksi.

Nah, sekarang kita tahu mengenai apa itu Microsoft Azure lengkap dengan manfaat, keuntungan dan mengapa kita harus menggunakan Microsoft Azure karena memang mempunyai banyak kemudahan dan kecanggihan yang ditawarkan. Sekian pembahasan mengenai Microsoft Azure kita pada kesempatan kali ini, semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Masukan dari anda semua sangat berguna bagi saya untuk dapat terus berbenah. Stay tune di blog ini ya, Terimakasih dan Salam Microsoft :D

Unknown

Mahasiswa absurd dengan segala mimpi-mimpi besarnya. Pemimpi kecil yang berangan tuk merubah nasibnya. Manusia kepo dengan segala keingintahuannya :)

0 komentar: