Tutorial Membuat Web Apps (E-Commerce) dengan Microsoft Azure dan GitHub - PART 4

Hi Fellas! Ini adalah kelanjutan dari Tutorial Membuat Web Apps (E-Commerce) dengan Microsoft Azure dan GitHub - PART 3. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara mengkoneksikan database MySql pada Microsoft Azure.

Sebelumnya teman-teman pasti sudah memahami bagaimana cara deploy Web Apps dalam Azure. Jika masih belum mengerti silahkan baca tutorial pada postingan saya yang sebelumnya. Nah, didalam Web Apps tersebut tentunya membutuhkan database yang terkoneksi dengan Azure juga agar code program dalam membangun Web Apps tersebut dapat berjalan dengan baik saat di deploy. Untuk para developer dan programmer tidak perlu cemas karena Azure juga menyediakan hosting untuk database MySql. Untuk mengetahui bagaimana cara mengkoneksikan database MySql kita pada Microsoft Azure silahkan simak tutorial berikut :

1. Buka Microsoft Azure pada web browser di https://portal.azure.com

2. Kemudian Klik New dan pilih Data + Storage


3. Pada kumpulan data storage tersebut pilih MySQL Database


4. Kemudian isi field yang tersedia. Untuk nama database isi dengan nama database yang ingin dikoneksikan dengan Web Apps yang pada hal ini menggunakan database emebel. Subscription pilih Dreamspark. Resource group silahkan buat baru dengan nama emebel. Untuk Location pilih dengan lokasi yang paling dekat. Pricing Tier saya menggunakan Mercury, yaitu paket Free dengan space sebesar 20MB. Legal Terms pilih purchase. Setelah semua selesai Klik Create dan tunggu sampai proses deployment sukses.




5. Setelah proses deployment sukses kita dapat mengeceknya di All Resource apakah sudah sukses dibuat databasenya.



6. Setelah itu kita klik database MySQL e-mebel yang telah kita buat, maka akan tampil setting sebagai berikut



7. Langkah selanjutnya adalah kita klik Properties dan akan tampil informasi hostname, username dan password dari hosting database kita.


8. Copy kan hostname, username dan password ini kedalam code program kita pada file koneksi.php sehingga kita dapat menghosting database kita secara online melalui Microsoft Azure.
9. Kemudian yang kita butuhkan adalah aplikasi untuk mengupload dan remote database kita melalui koneksi tersebut. Aplikasi yang saya gunakan adalah MySQL-Front yang dapat teman-teman download di internet lalu kemudian install dan jalankan.
10. Ini adalah tampilan awal aplikasi My-SQL Front.


11. Klik new untuk membuat koneksi baru. Kemudian isi name dengan nama database kita, koneksi hostnya copy dari host database Azure tadi. Portnya isi 3306. Connection Type isi Built-in. Untuk Login Information isi username dan password dengan copy dari host database Azure tadi. Database nya klik kotak disamping field tersebut dan pilih e-mebel lalu klik OK.



12. Setelah sukses maka akan tampil halaman awal. Sekarang kita akan mengupload file database e-mebel.sql, caranya adalah klik kanan pada database e-mebel, pilih import dan klik SQL File lalu pilih database e-mebel.sql dan klik OK.


13. Jika sudah sukses maka akan tampil apa isi dari database kita sesuai dengan yang telah kita buat pada postingan sebelumnya.


Nah itu adalah bagaimana cara mengkoneksikan database MySql pada Microsoft Azure. Apabila teman-teman mengalami kesulitan atau ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar di bawah ini. Terimakasih telah berkunjung, setelah ini kita akan lanjutkan pada tahap selanjutnya, so Stay Tuned and Keep Coding! ;)

Unknown

Mahasiswa absurd dengan segala mimpi-mimpi besarnya. Pemimpi kecil yang berangan tuk merubah nasibnya. Manusia kepo dengan segala keingintahuannya :)

0 komentar: